Banyak orang tahu bahwa berenang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan memperlancar peredaran darah untuk mendapatkan tubuh yang lebih bugar. Yang tidak banyak orang tahu adalah kelebihan kegiatan berenang sebagai olahraga yang efisien dibanding olahraga lain.
    Berenang tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi olahraga ini juga menjadi pemacu pembentukan otot, pengaturan nafas dan penghilang stress. Menarik sekali bila hanya dengan satu kegiatan olahraga, banyak hal yang bisa di dapatkan tubuh
Berikut adalah beberapa contoh kecil manfaat berenang yang tidak banyak diketahui :

1. Olahraga durasi lama, dengan potensi cedera yang rendah

  Ketika kita melakukan olahraga di dalam air, maka tubuh akan terasa ringan, sehingga orang dengan cedera otot, obesitas, bahkan lansia, masih bisa melakukan olahraga ini dengan durasi yang lama, dan sedikit potensi cedera. Berenang juga merupakan olahraga yang tidak memberikan efek buruk pada sistem tulang.

2. Mampu Membentuk Otot

  Air memiliki 12 kali lipat ketebalan lebih di banding udara, membuat berenang menjadi lebih efektif untuk membentuk otot disbanding dengan bentuk olahraga seperti aerobik yang di lakukan di udara terbuka. Seperti halnya mengangkat alat berat di gym, air juga memiliki kepadatan tertentu di tiap bagiannya, sehingga dengan berenang anda akan mampu mendapatkan porsi kardio yang tepat sekaligus membentuk otot tubuh.

Here you can create the content that will be used within the module.

3. Berenang melatih pertumbuhan tulang dan kelenturan tubuh

  Tidak seperti di gym, dimana anda menggunakan alat untuk melatih sebagian otot pada tubuh anda. Berenang akan melatih seluruh otot yang ada pada tubuh, bahkan otot yang jarang tersentuh ketika berlatih di gym. Gerakan yang anda lakukan dalam berenang juga mampu membantu pertumbuhan tulang, terutama pada anak anak dalam usia pertumbuhan. Begitupun dengan usia dewasa, melakukan pemanasan dan yoga di dalam air juga memberikan efek yang baik untuk tubuh, anda dapat melakukangerakan yang susah di lakukan di udara, dan akan menjadi lebih mudah jika di lakukan di dalam air.

4. Melatih Pernafasan

  Kepadatan dan keringnya udara di dalam gym kadang membuat kita cepat kelelahan saat berolahraga. Namun tidak dengan udara saat kita berenang yang memiliki tingkat kelembapan yang baik untuk tubuh, membuat udaranya menjadi lebih segar untuk dihitup. Terlebih jika anda mengalami penyakit astm. Penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat mengurangi penyakit asma. Bahkan kesembuhan itu berlanjut walaupun seseorang berhenti dari kegiatan rutin berenan. Tapi jika anda tidak memiliki permasalah pernafasan, berenang dapat menguatkan paru paru, dan akan mengajarkan anda teknik pernafasan yang lebih baik.

5.Membantu kesehatan mental

  Bila lari kecil mengelilingi lapangan atau mengangkat beban berat terdengar melelahkan untuk anda, jangan takut hal ini akan anda temui di kegiatan berenang. Karena menurut penelitian, ketika anda berenang maka tingkat endorfin juga akan meningkat. Ditambah ritme gerakan dan suara air yang anda rasakan saat berenang akan sangat menenangkan. Berenang juga terbukti memiliki tingkat reaksi relaksasi yang hampir sama ketika seseorang melakukan yoga.