Warna tidak begitu saja dipilih ketika kita menentukannya untuk penggunaan di dalam interior, mungkin awalnya kita mengira bahwa untuk memilih warna suasana ruang tamu adalah hal yang mudah, tapi nyatanya hal itu dibutuhkan ketelitian khusus. Bila tidak mengerti teknik kombinasi warna? Wah bisa bisa ruangan terlihat sangat membosankan.
     Di dalam beberapa kasus, interior designer memang memiliki pengetahuan yang baik tentang warna, mereka memiliki beberapa pengkategorian warna, cara pengkombinasian, hingga psikologi yang dipancarkan tiap warna.
Pemilihan warna juga mampu memberikan efek optical illusion seperti menampakan ruang kecil supaya terlihat lebih luas, atau ruang besar agar terlihat lebih intim.
     Kita juga harus tahu bahwa warna memiliki 3 yang utama yaitu Kuning, merah dan biru. Ketika kita mencampurkan warna utama ini, maka kita akan menemukan secondary color, yaitu kuning dan biru akan menjadi hijau, merah dan kuning menjadi jingga, serta biru dan merah menjadi ungu. Mencampur warna utama dengan warna pendamping juga akan memunculkan warna baru yang disebut tertiary colors.
     Biasanya jika anda melihat color chart, maka anda akan merasa bahwa warna juga memiliki kemampuan untuk merubah mood, seperti merah dan kuning yang identik dengan perasaan hangat, sedangkan biru dan hijau bisa diartikan sebagai suatu hal yang dingin. Tidak hanya mood, energipun juga berpengaruh ketika kita menyaksikan warna. Warna bisa memberi ketenangan pikiran dan membuat kita merasa damai, tapi ada juga akan membuat kita sedih, lelah atau hal hal kurang baik lainnya.

COLOR CHART, image from : trendywalldesigns.com

Oleh karena itu pemilihan warna untuk rumah adalah hal yang sangat penting dilakukan.Beautiful people juga harus mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih warna untuk ruangan, seperti :

1.Seberapa sering dan lama penggunaan ruangan tersebut, serta mood yang di harapkan terbangun ketika berada di ruangan itu

2.Melihat sumber sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Di saat pagi, siang dan senja. Karena itu akan berpengaruh dengan ambiance yang diciptakan sebuah ruangan

3.Melihat ukuran ruangan, karena warna gelap cenderung memiliki efek memperkecil tampak ruangan, sedangkan warna terang memperluas ruangan tersebut

Semoga Beautiful people dapat menciptakan ruangan yang ideal sesuai mood yang ingin dibentuk yaa 🙂